Penerapan Byond by BSI Terhadap Nasabah dalam Meningkatkan Efesiensi Layanan di BSI KCP Panyabungan
Keywords:
Byond, Nasabah, LayananAbstract
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong transformasi besar dalam industri perbankan, termasuk di sektor perbankan syariah. Bank Syariah Indonesia (BSI) merespons tantangan ini melalui inovasi layanan digital berbasis syariah bernama BYOND by BSI. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan kemudahan layanan finansial, sosial, dan spiritual kepada nasabah secara praktis dan mandiri. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di BSI KCP Panyabungan dengan tujuan meningkatkan literasi digital dan efisiensi layanan melalui edukasi dan pendampingan penggunaan BYOND. Metode yang digunakan bersifat partisipatif, dimulai dari observasi, sosialisasi, hingga evaluasi terhadap adopsi aplikasi oleh nasabah. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam penggunaan aplikasi, terutama oleh nasabah usia produktif. Edukasi digital berhasil menurunkan transaksi manual di kantor cabang, meningkatkan kepuasan nasabah, serta mendukung transformasi digital perbankan syariah secara berkelanjutan.
References
A’yun, E. F., & Ulfah, M. (2025). Efektivitas BYOND By BSI dalam Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah di BSI KCP Krian Sidoarjo. Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen dan Ekonomi Syariah, 3(1), 301-308.
Arianty, R., & Sukarno, A. Z. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BUMN di Makassar. Jurnal Maksipreneur, 11(2), 269–283. https://doi.org/10.30588/jmp.v11i2.889
Bank Indonesia. (2021). Transformasi Digital Perbankan Syariah. Laporan Bank Indonesia, 25(3), 89-102.
Huda, N., & Nasution, A. (2021). Digital Banking: Perkembangan dan Tantangan di Indonesia. Jakarta: Pustaka Mandiri.
Karim, A. (2019). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Masrohatin, S., Yunus, M., Maulana, F., & Hidayatullah, M. A. W. (2025). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Nasabah melalui Mobile Banking BYOND by BASI. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(3), 465-472.
Putra, H. R., & Andjarwati, A. L. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemulihan Layanan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Nasabah Bank Mandiri Di Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 220–227.
Ramadhani, F., & Lestari, D. (2022). Keamanan Digital dalam Perbankan Syariah: Studi Kasus pada Layanan Mobile Banking. Jurnal Ekonomi Syariah, 18(1), 45-60.
Sutrisno, H. (2020). Kepercayaan dan Loyalitas dalam Layanan Perbankan Digital. Jurnal Ekonomi Islam, 15(2), 120-135.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ambacang: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.