Peningkatan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Saba Desa Hutarimbaru
Keywords:
Kualitas, Pelayanan, Kepuasan, KonsumenAbstract
Kualitas pelayanan merupakan faktor penting dalam menentukan tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu usaha. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan keterampilan pelayanan dan kepuasan pelanggan di Kopi Saba, Desa Hutarimbaru, Kecamatan Panyabungan Selatan, Kabupaten Mandailing Natal. Metode yang digunakan meliputi observasi, sosialisasi, penyusunan SOP pelayanan, serta evaluasi dan monitoring. Hasil pengabdian menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam aspek kualitas pelayanan, termasuk peningkatan keramahan karyawan, ketepatan waktu pelayanan, serta kemampuan dalam merespons kebutuhan konsumen. Penerapan SOP pelayanan memberikan standar kerja yang lebih terstruktur dan profesional. Survei kepuasan konsumen setelah intervensi menunjukkan peningkatan kepuasan pelanggan yang berdampak positif terhadap loyalitas dan kunjungan ulang. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini berhasil meningkatkan kualitas pelayanan Kopi Saba, sekaligus memperkuat daya saing usahanya secara berkelanjutan.
References
Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan, 6(3), 5–9.
Arikunto. (2017). Penegembangan Instrumen Pengabdian dan Penilain Program. Pustaka pelajar.
Asti, & Ayuningtias. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kualitas Produk dan harga Terhadap Konsumen. Ekomabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(1).
Dewi, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Pengguna BPJS Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Journal of Social Knowledge Education (JSKE), 3(1), 6–10. https://doi.org/10.37251/jske.v3i1.400
Muhammad. (2020). Pengantar Akuntansi Syariah Islam. PT. Gramedia Pustaka.
Thotiq, U. (2018). Marketing Nabi Muhammad SAW. Gema Insani Press.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Andy.
Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Angewandte Chemie International Edition, 6(11).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ambacang: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.