Peningkatan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Saba Desa Hutarimbaru

Authors

  • Juni Soleha Batubara STAIN Mandailing Natal Author
  • Alwanda Pratama STAIN Mandailing Natal Author
  • Riza Mahrani STAIN Mandailing Natal Author
  • Dian Mariana STAIN Mandailing Natal Author
  • Abdurrahman STAIN Mandailing Natal Author
  • Muhammad Rafliansyah Rangkuty STAIN Mandailing Natal Author
  • Dewi Yana Riska STAIN Mandailing Natal Author
  • Luthfi Ansori STAIN Mandailing Natal Author
  • Abdul Hasan Lubis STAIN Mandailing Natal Author
  • Nur Aulia Damri STAIN Mandailing Natal Author
  • Ahmad Munajat STAIN Mandailing Natal Author
  • Fiki Ashadi STAIN Mandailing Natal Author

Keywords:

Kualitas, Pelayanan, Kepuasan, Konsumen

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan faktor penting dalam menentukan tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu usaha. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan keterampilan pelayanan dan kepuasan pelanggan di Kopi Saba, Desa Hutarimbaru, Kecamatan Panyabungan Selatan, Kabupaten Mandailing Natal. Metode yang digunakan meliputi observasi, sosialisasi, penyusunan SOP pelayanan, serta evaluasi dan monitoring. Hasil pengabdian menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam aspek kualitas pelayanan, termasuk peningkatan keramahan karyawan, ketepatan waktu pelayanan, serta kemampuan dalam merespons kebutuhan konsumen. Penerapan SOP pelayanan memberikan standar kerja yang lebih terstruktur dan profesional. Survei kepuasan konsumen setelah intervensi menunjukkan peningkatan kepuasan pelanggan yang berdampak positif terhadap loyalitas dan kunjungan ulang. Secara keseluruhan, kegiatan pengabdian ini berhasil meningkatkan kualitas pelayanan Kopi Saba, sekaligus memperkuat daya saing usahanya secara berkelanjutan.

References

Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan, 6(3), 5–9.

Arikunto. (2017). Penegembangan Instrumen Pengabdian dan Penilain Program. Pustaka pelajar.

Asti, & Ayuningtias. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kualitas Produk dan harga Terhadap Konsumen. Ekomabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(1).

Dewi, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Pengguna BPJS Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Journal of Social Knowledge Education (JSKE), 3(1), 6–10. https://doi.org/10.37251/jske.v3i1.400

Muhammad. (2020). Pengantar Akuntansi Syariah Islam. PT. Gramedia Pustaka.

Thotiq, U. (2018). Marketing Nabi Muhammad SAW. Gema Insani Press.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Andy.

Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Angewandte Chemie International Edition, 6(11).

Downloads

Published

2025-04-26