Strategi Pengembangan Usaha Roti Mohra melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat di Mandailing Natal
Keywords:
Pengembangan, Usaha, Pengabdian, MasyarakatAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam perekonomian Indonesia, namun masih menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan modal, rendahnya kualitas sumber daya manusia, dan kurangnya penguasaan teknologi. Sektor makanan dan minuman (F&B), termasuk industri roti, menunjukkan peluang besar dengan permintaan pasar yang terus meningkat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengembangkan usaha Roti MOHRA di Panyabungan, Mandailing Natal, melalui pendekatan partisipatif dan pendampingan langsung. Metode yang digunakan meliputi observasi, penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan pendampingan manajemen usaha dan inovasi produk, serta monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan efisiensi produksi, perbaikan manajemen usaha, serta keberhasilan inovasi produk baru yang berdampak pada peningkatan penjualan. Program ini membuktikan bahwa strategi pendampingan yang tepat dapat meningkatkan daya saing UMKM di pasar lokal.
References
Afridhal, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal S. Pertanian, 1(3).
Assyifa, Z. Y., Kurniawati, H., Bana, N., & Nurmaulida, N. (2023). Mengembangkan Strategi Ekonomi Usaha Roti melalui UMKM di Lembaga Pendidikan. Pediaqu:JurnalPendidikan Sosial dan Humaniora, 2(3).
Ayodya, Wulan. (2007). Kursus singkat usaha rumah makan laris manis. PT Elex Media Komputindo
Chaerani., Diah., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). “Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan.” Dharmakarya, 9(4).
Christiana, Y., A. Pradhanawati, and W. Hidayat. 2014. “Pengaruh Kompetensi Wirausaha, Pembinaan Usaha Dan Inovasi Produk Terhadap Perkembangan Usaha (Studi Pada Usaha Kecil Dan Menengah Batik Di Sentra Pesindon Kota Pekalongan).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 3(4)
Laksmana., Dzickrillah, R., Santoso, E., & Rahayudi, B. (2019). “Prediksi Penjualan Roti Menggunakan Metode Exponential Smoothing (Studi Kasus: Harum Bakery).” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(5).
Mandasari, V., & Adhitama, B. (2011). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining: Studi Kasus XYZ. Jurnal Generic.
Nurhidayah., Yustina., Awaru, A. O. T. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Roti Daeng Makassar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Nusantara, 1(1).
Sancoko, Aldo Hardi. (2015). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Makanan dan Minuman pada Depot Time to Eat Surabaya. AGORA, 3(1).
Sukarniati, L., Az-Zakiyyah, N. A., & Lubis, F. R. A. (2021). Strategi Peningkatan Pengembangan Usaha Toko Roti “Anna Bakery” di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ambacang: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.