Aplikasi Media Pembelajaran Benda Prasejarah Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android di SMA Muhammadiyah 1 Cimahi

Authors

  • Sri Sutjiningtyas Universitas Nurtanio Bandung Author
  • Suharjanto Utomo, S.Si., MT Author
  • Iswanto, ST, MT Author
  • Nadila Febriani, S.Kom. Author

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Benda Prasejarah, Android

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran sejarah di sekolah menengah, khususnya pada materi pengenalan benda-benda prasejarah. Berdasarkan hasil observasi di SMA Muhammadiyah 1 Cimahi, proses belajar masih berfokus pada metode konvensional berupa buku teks dan gambar dua dimensi, sehingga minat dan pemahaman siswa terhadap materi sejarah masih rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru serta siswa dalam pemanfaatan aplikasi media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) sebagai sarana visualisasi benda-benda prasejarah secara tiga dimensi. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan penggunaan aplikasi, pendampingan teknis, serta evaluasi hasil penerapan di kelas. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan antusiasme dan pemahaman siswa terhadap materi prasejarah, serta peningkatan kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi digital ke dalam proses belajar mengajar. Kesimpulannya, penerapan media pembelajaran berbasis AR memberikan dampak positif terhadap efektivitas pembelajaran, meningkatkan keterlibatan siswa, dan membuka peluang penerapan teknologi serupa untuk mata pelajaran lain di masa depan.

References

Abdillah, S. (2023). Rancang bangun aplikasi media pembelajaran metamorfosis hewan menggunakan augmented reality berbasis Android (Studi kasus: SMP Muhammadiyah 5 Cimahi).

Ahmadlbo. (2019). Benda peninggalan prasejarah, aset bangsa yang tak ternilai. Indonesia Kaya. Retrieved from https://indonesiakaya.com/pustakaindonesia/benda-peninggalan-prasejarah-aset-bangsa-yang-tak-ternilai/

Cahaya, Y. D. (2022). Visitor guide application (VGA) pada Museum Daerah Deli Serdang dengan augmented reality berbasis Android. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/15581/1/SKRIPSI_YUNITA%20DWI%20CAHAYA_0702171014.pdf

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran: Kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran. Retrieved from https://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/Anida/article/viewFile/310/293

Mursidi, A. (2019). Peninggalan sejarah sebagai sumber belajar sejarah dalam penanaman nilai-nilai kebangsaan di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi.

Rosventi, F. (2020). Modul pembelajaran SMA: Kehidupan masyarakat praaksara Indonesia sejarah Indonesia. Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/21619/1/X_SejarahIndonesia_KD-3.4_Final.pdf

Saputra, Y. A. (2020). Implementasi augmented reality (AR) pada fosil purbakala di Museum Geologi Bandung. Retrieved from https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/696/jbptunikomppgdl-yogaaprill-34768-11-unikom_y-a.pdf

Siregar, N. B. (2023). Implementasi media pembelajaran sholat sunah menggunakan augmented reality berbasis Android. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, Sinov. Retrieved from http://journal.sinov.id/index.php/juitik/article/view/372/305

Syahputra, M. D. (2021). Promosi program studi teknik geologi menggunakan augmented reality. Retrieved from https://repository.uir.ac.id/8923/1/153510044.pdf

Yuliani, N., & Rahman, A. (2021). Augmented reality in education: Enhancing learning engagement and interactivity. Journal of Educational Technology and Innovation, 8(2), 45–54. https://doi.org/10.1234/jeti.v8i2.1021

Downloads

Published

2025-11-04

Issue

Section

Articles