Pentingnya Edukasi Thaharah dalam Membentuk Kesadaran Beribadah Perspektif Pendidikan Islam
Keywords:
Edukasi , Thaharah , Ibadah, Pendidikan IslamAbstract
Edukasi thaharah dalam Islam merupakan aspek fundamental yang berkaitan dengan kebersihan fisik dan spiritual, serta menjadi syarat sah untuk melaksanakan ibadah seperti shalat. Thaharah mencakup berbagai praktik bersuci, termasuk istinja, wudhu, dan tayamum, yang penting untuk menjaga kesucian dalam beribadah. Namun, di era modern, kesadaran akan thaharah seringkali menurun, terutama di kalangan generasi muda yang melaksanakan ibadah tanpa pemahaman mendalam. Kegiatan ini dilakukan di SD Negeri 17 Sungai Aur dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang thaharah. Kegiatan meliputi pemetaan permasalahan, presentasi materi, dan tanya jawab. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa edukasi thaharah perlu dilakukan secara komprehensif untuk membentuk kesadaran beribadah yang holistik, meningkatkan kualitas ibadah, serta membangun karakter Islami dan kesadaran akan kebersihan individu dan lingkungan. Edukasi ini harus dimulai dari lingkungan keluarga dan didukung oleh lembaga pendidikan, meskipun terdapat tantangan dalam mengubah kebiasaan dan meningkatkan pemahaman mendalam tentang thaharah.
References
Abdullah, I. (2018). Fiqih Thaharah Panduan Praktis Bersuci. Pustaka Media.
Al-Arifi, M. bin A. (2022). Fikih Ibadah Abdullah, I. (2018). Fiqih Thaharah Panduan Praktis Bersuci. Pustaka Media.
Al-Arifi, M. bin A. (2022). Fikih Ibadah Harian. Istanbul.
Fafhuddin. (2015). Bimbingan Shalat Lengkap. Kartika.
Kharisman, A. U. (2021). Fiqih Bersuci dan Shalat Sesuai Tuntunan Nabi. Pustaka Hudaya.
Reza, A. (2015). Buku Pintar Thaharah. Saufa.
Saifullah. (2019). Fiqih Islam. Percetakan UIN Ar-Raniry.
Saputra, W. (2024). FIQIH YAUMIYAH. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sudarto. (2018). Ilmu Fikih. Deepublish.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ambacang: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.




















