Implementasi Edukasi Thaharah dalam Kehidupan Sehari-hari pada Peserta Didik di MDA Sadar Bakti Bulu Laga Ujung Gading

Authors

  • Fatiha Hasanah STAIN Mandailing Natal Author
  • Siti Lathifah STAIN Mandailing Natal Author
  • Mutiach STAIN Mandailing Natal Author
  • Afifah Zahra STAIN Mandailing Natal Author
  • Muhammad Alwi STAIN Mandailing Natal Author
  • Yahya STAIN Mandailing Natal Author
  • Rahmat Linur STAIN Mandailing Natal Author
  • Masrida Yanti STAIN Mandailing Natal Author
  • Nur Khofifah STAIN Mandailing Natal Author
  • Nur Masiyah STAIN Mandailing Natal Author

Keywords:

Thaharah, Edukasi, Implementasi

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi thaharah kepada peserta didik di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Sadar Bakti dusun Bulu Laga Ujung Gading untuk memudahkan dalam memahami thaharah (bersuci). Metode yang digunakan dalam pemberian edukasi  ini ialah metode pendidikan berupa metode demonstrasi dimana seluruh peserta didik terlebih dahulu diberikan penjelasan mengenai materi thaharah lalu kemudian dipraktikkan secara langsung oleh peserta didik. Dari kegiatan edukasi yang dilakukan, seluruh peserta didik dapat memahami, menerapkan, dan mempraktikkan thaharah dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan edukasi ini juga mendapatkan respon yang baik karena di sambut dengan antusias oleh masyarakat sekitar.

References

Adawiah, E., Ima M.A., Yurna. (2023). Implementasi Thaharah dalam Mengelola Hidup Bersih dan Berbudaya. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 124. doi: https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i4.301

Aziz, H.M.A. (2018). Thaharah dalam Metode Pembelajaran Think Talk Write. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 16(2), 2.

Daryanto, Joko T.A., Artha B.S.D., Budi S.M., Santi Y. (2022). Pengabdian Masyarakat: Implementasi Thaharah (Bersuci) dalam Kehidupan Sehari-Hari di Pondok Pesantren Lailatul Qodar. Jurnal Peduli Masyarakat, 4(1), 54. doi: https://doi.org/10.37287/jpm.v4i1.963

Hikmatu, R. (2019). Strategi Pembelajaran Fiqih Thaharah di SDN Mundar Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 167. doi: http://dx.doi.org/10.35931/am.v0i0.137

Musya’adah, U. (2020). Peran Penting Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 2(1), 11. doi: https://doi.org/10.31538/aulada.v2i1.556

Novriadi, D., dan Nilda S. (2021). Pendampingan Praktik Ibadah Thaharah Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 38. doi: https://doi.org/10.32502/sa.v3i1.3978

Rusdiana, A., Abdul K., Ali K., Ahmad G. (2019). Tuntunan Praktek Ibadah. Bandung: Pustaka Tresna Bhakti.

Rusli, N., Ni’mah W., Shakila R., Amalia P., Rabia R.S. (2024). Implementasi Thaharah yang Meliputi Wudhu, Tayammum, Mandi Wajib, dan Tata Cara Shalat Pada Siswa SDN 1 Sambujang. Samakta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 47. doi: https://doi.org/10.61142/samakta.v1i2.60

Surya, H. (2023). Fiqih Ibadah. Bogor: Arabasta Media.

Wahyuni, N., Adi F., Fajri, Haikal, Kasmiati. (2023). Pentingnya Pembelajaran Tata Cara Shalat dan Thaharah Meliputi Wudhu, Tayammum dan Mandi Wajib: Studi Fenomenial Peserta Didik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademik, 1(4), 52-53. doi: https://doi.org/10.59024/jpma.v1i4.436

Downloads

Published

2024-11-08