Implementasi Magrib Mengaji sebagai Solusi dalam Meningkatkan Minat Baca Alqur’an Anak-anak di Jorong Sungai Tanang Nagari Kasikputih Sungaitanang Kecamatan Sungai Aur

Authors

  • Alfina Nasution STAIN MANDAILING NATAL Author
  • Andri Muda STAIN Mandailing Natal Author
  • Sahrul Darmawan STAIN Mandailing Natal Author
  • Riki Andi STAIN Mandailing Natal Author
  • Nur Mawaddah Nst STAIN Mandailing Natal Author
  • Nur Adilah Nasution STAIN Mandailing Natal Author
  • Nikmah Khairani STAIN Mandailing Natal Author
  • Haidah Hutauruk STAIN Mandailing Natal Author
  • Amir Hamzah Effendi STAIN Mandailing Natal Author
  • Suryadi Nasution STAIN Mandailing Natal Author

Keywords:

Magrib Mengaji, Minta Baca, Al-Qur'an

Abstract

Program magrib mengaji ini ditujukan kepada anak-anak yang mana merupakan salah satu bentuk inisiatif pendidikan non-formal yang berfokus pada pengajaran membaca Alquran yang dilaksanakan di wakru magrib. Program ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai religius dan meningkatkan minat baca Alquran anak-anak sejak usia dini. Menggunakan metode penelitian PAR (Participatory Action Reseach), penelitian ini mengevaluasi partisipasi anak-anak, respon orang tua, serta peran lingkungan dalam keberhasilan program. Penelitian ini menunjukkan bahwa program ini berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran dan juga menumbuhkan minat baca Alquran pada anak-anak. Dengan demikian program magrib mengaji dapat dijadikan sebagai langkah strategis dalam meningkatkan minat baca Alquran pada anak-anak usia dini. 

References

Ningsih, Aulia Fitri. 2022. Upaya dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Anak-anak Melalui Program Magrib Mengaji di Nagari Kuranji Hilir, Korong Lam Panjang, Kec. Suungai Limau. Jurnal Pendidikan dan Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 2. No. 2

Rahman, Abdul, Nurlela, dan Firdaus W. Suhaeb. 2021. Solidaritas. Jurnal Pengabdian. Vol. 1. No. 2

Rahmat, A., dan Mirnawati. 2020. Model Participation Action Reseach dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Vol. 6. No. 1

Sidik, Zafar. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 3. No. 2

Soraya, Siti Zazak, dan Nofiya Wahyuningtyas. 2022. Pemberdayaan Agama Bagi Anak-anak Melalui Gerakan Magrib Mengaji Di Desa Semanding Jenangan Ponorogo. Jurnal Bakti Kita. Vol. 3. No. 1

Wismaningtyas, Tri Asih. 2020. Implementasi Program Magrib Mnegaji Kota Bandung. Jurnal Pemikiran Administrasi Negara. Vol. 12. No.1

Published

2024-10-15

Data Availability Statement