Upaya Penguatan Literasi melalui Pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar di Lubuk Gadang Nagari Koto Tangah

Authors

  • Dede Darmawan Rangkuti STAIN Mandailing Natal Author
  • Fadlan Ali Nasution STAIN Mandailing Natal Author
  • Muhammad Sapar Nasution STAIN Mandailing Natal Author
  • Warisatul Ummi STAIN Mandailing Natal Author
  • Syahriani STAIN Mandailing Natal Author
  • Renda Zelkasih STAIN Mandailing Natal Author
  • Anisa Yanti STAIN Mandailing Natal Author
  • Nurul Izzah Tanjung STAIN Mandailing Natal Author
  • Fadhilah Ramadani STAIN Mandailing Natal Author
  • Resdilla Pratiwi STAIN Mandailing Natal Author

Keywords:

Literasi, Bahasa Asing, Puisi

Abstract

Program ini bertujuan mendorong minat belajar masyarakat, terutama generasi muda, melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Pembelajaran dilakukan secara nonformal di Posko, dua kali seminggu, pada hari Kamis dan Minggu. Metode yang digunakan yaitu metode PAR (Participation Action Research) yang meliputi tahap perencanaan dengan membentuk kelompok- kelompok yang berfungsi sebagai tim diskusi ketika belajar berlangsung, dan pelaksanaanya dilakukan dengan mengamati kemampuan anak- anak di lingkungan sekitar dan melakukan wawancara kepada anak- anak tersebut dan setelah itu tim pengabdi menyusun rencana untuk pelaksanaan pengabdian tersebut. Melalui metode ini, peserta tidak hanya dituntut untuk memahami materi, tetapi juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil yang dicapai menunjukkan adanya peningkatan minat belajar pada peserta, terutama dalam kemampuan berbahasa asing dan keterampilan menulis kreatif. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat rasa percaya diri peserta dalam berkomunikasi dan mengekspresikan ide mereka.

References

Cahyono, A. N. (2010). Vygotskian Perspective : Proses Scaffolding untuk Mencapai Zone of Proximal Development ( ZPD ) Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 443–448.

Hakima, A., & Hidayati, L. (2020). Peran Model Experiential Learning dalam Pendidikan Berbasis Keterampilan Tata Busana. E-Journal, 09(03), 51–59.

Hasanah, U., & Silitonga, M. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta : Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. In WWW.Quipperblog.com.

Husni Dwi Syafutri, Muhammad Danu Saputra, & Natuliyantari. (2022). Peran Literasi Bahasa dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Peserta Didik. Jurnal Inovasi Edukasi, 5(1), 51–63. https://doi.org/10.35141/jie.v5i1.289

Nasution, N. S., & Lubis, L. (2023). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 181–191. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.227

Purwowidodo, A. (2023). Teori Dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. In M. Fathurrohman (Ed.), Sustainability (Switzerland) (1st ed., Vol. 11, Issue 1). Penebar Media Pustaka.

Rusyandi dan Ani Rosidah. (2020). Penerapan Metode Brain Writing Untuk Pembelajaran Menulis Puisi. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020, 405–411.

Downloads

Published

2024-11-18