Menciptakan Produk Usaha Minuman Es Nutrijell bersama Ibu Rumah Tangga dalam Pengembangan Ekonomi Lokal Aek Nabirong

Authors

  • Nursaibah Tanjung STAIN Mandailing Natal Author
  • Faisal Musa STAIN Mandailing Natal Author
  • Dina Putri Andini STAIN Mandailing Natal Author
  • Nur Hamidah STAIN Mandailing Natal Author
  • Wahyu Hidayat STAIN Mandailing Natal Author
  • Ahmad Zainal Lubis STAIN Mandailing Natal Author
  • Widya Sari STAIN Mandailing Natal Author
  • Nur Kholijah STAIN Mandailing Natal Author
  • Maisyaroh STAIN Mandailing Natal Author
  • Yuni Sari STAIN Mandailing Natal Author

Keywords:

UMKM, Pemberdayaan, Pengembangan, Masyarakat, Produk

Abstract

Dalam pengabdian yang dilakukan kepada masyarakat ini, yaitu tentang menumbuh kembangkan perekonomian lokal di Jorong Aek Nabirong, Kecamatan Koto Balingka. Fokus utama pengabdian ini adalah pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga dengan mengajarkan mereka cara membuat minuman es Nutrijell sebagai usaha kreatif untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah metode Participation Action Research (PAR), yang melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat dalam proses pelatihan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai pembuatan produk, pentingnya merek, kemasan, dan pemasaran, serta bagaimana mengelola usaha ekonomi di tingkat lokal. Dalam pelatihan ini, ibu-ibu rumah tangga dilibatkan dalam setiap tahap produksi minuman es Nutrijell yang kemudian dipasarkan dengan harga terjangkau. Selain itu, pengabdian ini juga menekankan pentingnya bantuan modal, pembangunan sarana, pendampingan usaha, dan penguatan kelembagaan untuk mendukung keberlanjutan usaha lokal. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk lokal, menciptakan lapangan kerja, dan memperkuat perekonomian masyarakat setempat.

References

Adijati, U. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Kreativitas Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara, Media Ekonomi dan Manajemen, Vol. 31(2).

Firmansyah, M. A. (2023). Pemasaran Produk dan Merek: Planning & Strategy. Qiara Media.

Iskandar, P. (2010). Economics Pengantar mikro dan Makro. Mitra Wacana Media.

Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol.7, Hal.1

Moorcy, et.al. (2020). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Ekonomi Mikro Kecil dan Menengah di Kelurahan Penajam. Jurnal Abdimas Universal. Vol. 2(2).

Pratami, F., Willy A. L., Arsy P., Yuhanna, Handayani. (2023). Penyuluhan Kedudukan Generasi Alpha di SDN 100110 Desa Batu Nanggar melalui Metode Participation Action Research. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, Vol. 6(3).

Syadzali, Maulana. (2020). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi Pada Ukm Pembuat Kopi Muria). Syntax Idea, Vol. 2(5).

Yusri, M. (2020). Analisis Deskriptif Pengembangan Ekonomi Lokal (Pel) Dan Kaitannya Dengan Pengembangan Wilayah Berkelanjutan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Downloads

Published

2024-11-28