Penerapan Thaharah sebagai Pondasi Kebersihan dan Kesehatan di SDN 22 Ranah Batahan Jorong Rao-rao

Authors

  • Ema Adriani Lubis STAIN Mandailing Natal Author
  • Ilpi Damayanti STAIN Mandailing Natal Author
  • April Atika STAIN Mandailing Natal Author
  • Novi Rahmadani Sitompul STAIN Mandailing Natal Author
  • Riskia STAIN Mandailing Natal Author
  • Mhd Reihandra Azis STAIN Mandailing Natal Author
  • Muhammad Yusril Nasution STAIN Mandailing Natal Author
  • Aninisa Fitri STAIN Mandailing Natal Author
  • Akbar Ibrahim STAIN Mandailing Natal Author
  • Kasman STAIN Mandailing Natal Author

Keywords:

Thaharah, Kebersihan, Kesehatan, Pendidikan Islam, Kesadaran

Abstract

Penerapan thaharah sebagai pondasi kebersihan dan kesehatan di SDN 22 Ranah Batahan Jorong Rao-rao merupakan upaya integral yang melibatkan seluruh warga sekolah dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Meskipun menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan fasilitas, kurangnya kesadaran, dan pengaruh lingkungan luar, sekolah ini berhasil mengatasi kendala-kendala tersebut melalui solusi inovatif dan partisipatif. Langkah-langkah yang diambil meliputi peningkatan fasilitas kebersihan, edukasi berkelanjutan, dan pembangunan budaya kebersihan yang konsisten. Keberhasilan ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Penerapan thaharah di SDN 22 Ranah Batahan Jorong Rao-rao diharapkan dapat menjadi model bagi sekolah-sekolah lain dalam mengintegrasikan kebersihan sebagai bagian dari pendidikan.

References

Al-Hadith, S. (2021). Panduan Praktis Thaharah dalam Islam. Jakarta: Pustaka Al-Qalam.

Al-Jabri, I. (2020). Kebersihan dan Kesehatan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Alfabeta.

Azis, H. (2019). "Implementasi Thaharah dalam Kehidupan Sehari-hari: Studi Kasus di Sekolah". Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 45-59).

Bakar, M. (2018). Manajemen Kebersihan di Sekolah: Pendekatan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Basyir, M. (2021). "Peran Guru dalam Menerapkan Thaharah di Lingkungan Sekolah". Jurnal Studi Islam, 14(2), 233-249.

Fauzi, M. (2017). Praktik Thaharah dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.

Gani, R. (2022). Edukasi Kebersihan di Sekolah Dasar: Studi Kasus dan Implementasi. Malang: Bayumedia Publishing.

Hadi, A. (2019). "Kebersihan Lingkungan Sekolah dan Kesehatan Siswa: Pendekatan Islam". Jurnal Kesehatan dan Pendidikan, 7(3), 123-136.

Hasan, N. (2020). Kebersihan dan Kesehatan: Teori dan Praktik. Surabaya: Erlangga.

Hidayat, T. (2021). "Tantangan dalam Penerapan Thaharah di Sekolah: Studi Kasus dan Solusi". Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(1), 77-89.

Ibrahim, S. (2018). Pendekatan Pendidikan Kebersihan dalam Islam. Jakarta: Kencana

Junaidi, F. (2020). "Penerapan Thaharah sebagai Pondasi Kesehatan di Sekolah". Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 10(2), 101-115.

Kurniawan, D. (2021). Membangun Budaya Kebersihan di Sekolah: Perspektif Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta.

Lestari, S. (2019). Kebersihan dan Perawatan Fasilitas Sekolah: Perspektif Praktis. Yogyakarta: Laksana.

Maulana, H. (2022). "Edukasi dan Implementasi Thaharah di Sekolah Dasar". Jurnal Pendidikan dan Agama, 13(4), 65-80.

Naufal, R. (2018). Manajemen Thaharah dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Salemba Humanika.

Rahman, F. (2020). "Penerapan Thaharah dalam Konteks Pendidikan Sekolah". Jurnal Pendidikan Islam dan Kesehatan, 11(3), 150-165.

Salim, A. (2019). Strategi Penerapan Thaharah di Sekolah: Teori dan Praktik. Bandung: Penerbit Al-Qalam.

Sari, D. (2021). Kebersihan sebagai Bagian dari Kurikulum Pendidikan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yusuf, I. (2018). "Peran Orang Tua dalam Mendukung Penerapan Thaharah di Sekolah". Jurnal Pendidikan dan Sosial, 9(2), 92-104.

Downloads

Published

2024-11-28