Peningkatan Kemampuan Literasi Membaca dan Menulis Peserta Didik di SD Negeri 10 Sungai Aur Pasaman Barat

Authors

  • Ahmad Alfa Rizi Sitompul STAIN Mandailing Natal Author
  • Randi Hendrizal STAIN Mandailing Natal Author
  • Akmal Saleh STAIN Mandailing Natal Author
  • Ainun Adilah Dly STAIN Mandailing Natal Author
  • Nur Aini STAIN Mandailing Natal Author
  • Nurani Lubis STAIN Mandailing Natal Author
  • Nur Aida STAIN Mandailing Natal Author
  • Ummu Khoiriah Rangkuti STAIN Mandailing Natal Author
  • Selvi Damayanti STAIN Mandailing Natal Author

Keywords:

Peningkatan, Literasi, Membaca, Menulis

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca dan menulis peserta didik di SD Negeri 10 Sungai AUR, Pasaman Barat. Kegiatan ini melibatkan para peserta didik yang masih kesulitan dalam hal membaca dan menulis. Metode yang digunakan mencakup implementasi aktivitas pembelajaran interaktif seperti membaca bersama dan kegiatan menulis. Selama beberapa minggu pelaksanaan, dilakukan evaluasi secara berkala untuk mengukur perkembangan peserta didik. Kegiatan ini dilakukan tidak hanya untuk meningkatkan literasi peserta didik, tetapi juga menumbuhkan minat baca dan menulis yang lebih besar. Pengabdian ini diharapkan dapat menjadi model dalam meningkatkan literasi di sekolah dasar lainnya.

References

Ali, M. 2021. “Peningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar untuk Kelas 2 Pada SDN 93 Palembang”. PERNIK: Jurnal PAUD. Vol. 4, No. 1

Aprilia, T. R. 2022. “Peningkatan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerakan 3M dan Pojok Baca”. Buletin KKN Pendidikan, Vol. 2, No. 2

Ati, A. P., & Widiyarto, S. 2020. “Peran Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Pada Siswa SMP Kota Bekasi”. Vol. 9, No. 1

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. 2021. “Peningkatan Literasi Sekolah dan Literasi Numerasi melalui Model Blanded Learning pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja”. Widyalaya : Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 1, No. 3

Hidayat, N.,. 2022. “Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Menggunakan Aplikasi Android Belajar Membaca di Dusun Kentengsari Kaliwungu Semarang”. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar

Pahlavi, Iva Kurnia A. 2020. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Media Puzzle Huruf Untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 9, No. 2

Pratama, E. D., Mahardika, D. A., dkk. 2022. “Peningkatan Literasi dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Mading di SDN 2 Binade”. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, Vol. 2, No. 2

Rohim, D. C. 2020. “Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol. 6,No. 3

Sholeh, M., & Masfuah, S. 2021. Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa. Jurnal Educatio. Vol. 7, No. 1

Sismulyasih, N. 2018. “Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Strategi Bengkel Literasi pada Siswa SD”. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 7, No. 1

Suryono, D., dkk. 2017. Materi pendukung literasi baca tulis gerakan literasi nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Warsihna, J. 2016. “Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Dengan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)”. Jurnal Kwangsan. Vol. 4, No. 2

Wulanjani, A. N., & Anggraeni, C. W. 2019. “Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar”. Proceding of Biology Education.

Downloads

Published

2024-12-12