Membangun Fondasi Literasi: Pentingnya Penguatan Bacaan dan Penulisan di TK An-Nur Jorong Air Talang
Keywords:
Fondasi, Literasi, Bacaan, PenulisanAbstract
Penguatan literasi di taman kanak-kanak (TK) merupakan Langkah fundamental untuk memastikan perkembangan keterampilan baca dan tulis yang baik pada anak-anak. Pengabdian ini mengeksplorasi upaya penguatan bacaan dan penulisan di TK An-Nur Jorong Air Talang, dengan tujuan untuk membangun fondasi literasi yang kokoh. Melalui analisis terhadap praktik pengajaran literasi, metode yang diterapkan, dan dampaknya terhadap kemampuan awal siswa, pengabdian ini menemukan bahwa pendekatan yang sistematis dan menyenangkan dalam pengajaran literasi secara signifikan meningkatkan minat dan keterampilan membaca serta menulis anak-anak. Pengabdian ini menggunakan metode dengangan pendekatan Service Learning dan Participatory Action Research (PAR). Hasil pengabdian ini menujukkan bahwa pelaksanaan program literasi yang terintegrasi dengan kegiatan belajar yang aktif dan inovatif mendukung perkembangan kognitif dan sosial anak. Pengabdian merekomendasikan penerapan strategi literasi yang menyeluruh dan berkelanjutan, termasuk pelatihan guru dan pengembangan materi ajar yang relevan, untuk memperkuat kemampuan literasi anak-anak di TK An-Nur Jorong Air Talang.
References
Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar. Direktorat Jenderal.
Chamdan, et.al. (2022). Literasi Digital. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).
Marwany & Heru. (2020). Pendidikan Literasi Anak Usia Dini. Hijaz Pustaka Mandir.
Melinda & Darsinah. (2023). Strategi Pengembangan Literasi Baca Tulis (Praliterasi) Untuk Menunjang Pengetahuan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 7(3).
Nadra, et.al. (2022). Inovasi Literasi Guru Tk Dalam Meningkatkan Media Baca Dan Tulis Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 4(1).
Nurhayani & Nurhafizah. (2022). Media Dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini Kutub Al-Huffzah Payakumbuh. Jurnal Basicedu, Vol. 6(6).
Trimansyah, B. (2019). Model Pembelajaran Literasi Untuk Pembaca Awal. Badan Pengembangan Bahasa Dan Perbukuan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ambacang: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.




















