Membangun Fondasi Literasi: Pentingnya Penguatan Bacaan dan Penulisan di TK An-Nur Jorong Air Talang

Authors

  • Putri Anisah Nasution STAIN Mandailing Natal Author
  • Eva Nofriani STAIN Mandailing Natal Author
  • Rahmadia Fitri STAIN Mandailing Natal Author
  • Delpi Rahmadani Nst STAIN Mandailing Natal Author
  • Taufik Hidayat STAIN Mandailing Natal Author
  • Husein Afandi STAIN Mandailing Natal Author
  • Salamah STAIN Mandailing Natal Author
  • Dewi Yana Riska STAIN Mandailing Natal Author
  • Riska Ramadani STAIN Mandailing Natal Author

Keywords:

Fondasi, Literasi, Bacaan, Penulisan

Abstract

Penguatan literasi di taman kanak-kanak (TK) merupakan Langkah fundamental untuk memastikan perkembangan keterampilan baca dan tulis yang baik pada anak-anak. Pengabdian ini mengeksplorasi upaya penguatan bacaan dan penulisan di TK An-Nur Jorong Air Talang, dengan tujuan untuk membangun fondasi literasi yang kokoh. Melalui analisis terhadap praktik pengajaran literasi, metode yang diterapkan, dan dampaknya terhadap kemampuan awal siswa, pengabdian ini menemukan bahwa pendekatan yang sistematis dan menyenangkan dalam pengajaran literasi secara signifikan meningkatkan minat dan keterampilan membaca serta menulis anak-anak. Pengabdian ini menggunakan metode dengangan pendekatan Service Learning dan Participatory Action Research (PAR).  Hasil pengabdian ini menujukkan bahwa pelaksanaan program literasi yang terintegrasi dengan kegiatan belajar yang aktif dan inovatif mendukung perkembangan kognitif dan sosial anak. Pengabdian merekomendasikan penerapan strategi literasi yang menyeluruh dan berkelanjutan, termasuk pelatihan guru dan pengembangan materi ajar yang relevan, untuk memperkuat kemampuan literasi anak-anak di TK An-Nur Jorong Air Talang.

References

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar. Direktorat Jenderal.

Chamdan, et.al. (2022). Literasi Digital. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).

Marwany & Heru. (2020). Pendidikan Literasi Anak Usia Dini. Hijaz Pustaka Mandir.

Melinda & Darsinah. (2023). Strategi Pengembangan Literasi Baca Tulis (Praliterasi) Untuk Menunjang Pengetahuan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 7(3).

Nadra, et.al. (2022). Inovasi Literasi Guru Tk Dalam Meningkatkan Media Baca Dan Tulis Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 4(1).

Nurhayani & Nurhafizah. (2022). Media Dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini Kutub Al-Huffzah Payakumbuh. Jurnal Basicedu, Vol. 6(6).

Trimansyah, B. (2019). Model Pembelajaran Literasi Untuk Pembaca Awal. Badan Pengembangan Bahasa Dan Perbukuan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2024-12-28