Outbond sebagai Sarana Pembelajaran Integratif di RA Tadika Adnani dalam Meningkatkan Aspek fisik dan Sosial Anak

Authors

  • Devina Sari Siregar STAIN Mandailing Natal Author
  • Kholidah Nur STAIN Mandailing Natal Author
  • Seri Muslimah STAIN Mandailing Natal Author
  • Rofikoh STAIN Mandailing Natal Author
  • Nur Ainun STAIN Mandailing Natal Author
  • Irna Yanti STAIN Mandailing Natal Author

Keywords:

Outbound, Pembelajaran Integratif, Fisik, Sosial

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menggali manfaat kegiatan outbound sebagai sarana pembelajaran integratif yang dapat meningkatkan aspek fisik dan sosial anak di RA Tadika Adnani. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa kegiatan outbound memberikan dampak positif terhadap peningkatan aspek fisik anak, seperti kelincahan, koordinasi, dan daya tahan tubuh. Selain itu, kegiatan ini juga berperan penting dalam mengembangkan keterampilan sosial anak, termasuk kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, berkomunikasi secara efektif, serta meningkatkan empati dan solidaritas antar teman. Aktivitas ini memungkinkan anak-anak untuk belajar melalui pengalaman, memperkuat rasa percaya diri, dan menghadapi tantangan dalam kelompok. Secara keseluruhan, outbound terbukti menjadi metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam mendukung perkembangan fisik dan sosial anak pada usia dini, serta menjadi sarana yang integratif untuk mendidik anak-anak dalam lingkungan yang penuh kebersamaan.

References

Agustina, M., Berliana Mustika Nugraheni, Nazun Mar’atu Sholikhah, & Lisnawati Ruhaena. (2022). Pengaruh Permainan Outbound terhadap Kemampuan Sosialisasi Siswa selama Pembelajaran Luring di TK Al-Azhar Syifa Budi Solo. Abdi Psikonomi, 3. https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.723

Fitriani, D., Idris, A., & Lembong, S. M. (n.d.). PENERAPAN METODE OUTBOUND UNTUK Dewi Fitriani , 2 Aisyah Idris , 3 Siti Maryam Lembong diterapkan. 12–26.

Luh Artaningsih, I Gede Arya Wiradnyana, A. B. A. P. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Melalui Permainan Tradisional di PAUD. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 181–190. http://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/JPAUD/article/view/2425

Lutfiana, F., & Dwi Tanto, O. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Outbond Game Pada Kelompok B TK Pancasila Muchtary I Karanganyar Ngawi. Journal of Modern Early Childhood Education, 01, 19–26.

Muslihan, M. (2020). Pengembangan Permainan Outbound untuk Mendorong Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Siswa PAUD Sayang Anak Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 1(2), 54–82. https://doi.org/10.37216/aura.v1i2.440

Nur Nashirah, U., & Nurhidaya, Ar. S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kinestetik Melalui Permainan Outbound Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun. ALENA-Journal of Elementary Education, 1(1), 59–66.

Rocmah, L. I. (2012). Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.40

Samik, S., & Rohita, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Sosial Melalui Metode Outbound Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Umi Qolbu. PAUD Teratai, 3(3), 1–7.

Downloads

Published

2025-03-11