Efektivitas Perayaan Isra’ Mi’raj dalam Meningkatkan Wawasan Keislaman Santri dan Santriwati di Pondok PesantrenDarul Ikhlash
Keywords:
Isra’ Mi’raj, Wawasan, Keislaman, Pondok PesantrenAbstract
Perayaan Isra’ Mi’raj merupakan momen penting bagi umat Islam untuk memperdalam pemahaman tentang peristiwa agung yang dialami Nabi Muhammad ﷺ. Peristiwa ini tidak hanya memiliki makna teologis, tetapi juga dapat menjadi sarana edukasi bagi umat Islam, khususnya santri di Pondok Pesantren Darul Ikhlas. Dalam kegiatan pengabdian ini, metode yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan, perancangan program, serta pelaksanaan kajian dan tausiyah oleh narasumber yang kompeten. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman santri mengenai hikmah Isra’ Mi’raj, peningkatan kualitas ibadah, serta meningkatnya minat santri dalam berdakwah. Selain itu, kegiatan ini berhasil mempererat hubungan antar santri dan masyarakat sekitar. Temuan ini mengindikasikan bahwa peringatan Isra’ Mi’raj tidak hanya berfungsi sebagai acara seremonial, tetapi juga memiliki dampak edukatif dan sosial yang signifikan. Dengan pengembangan lebih lanjut, program ini dapat menjadi agenda tahunan yang lebih inovatif dan bermanfaat bagi komunitas pesantren.
References
Bengkulah, M. D., & Madyuni, A. M. el. (2022). Mi’raj Nabi Muhammad Saw Menurut Syeikh Al-Palimbani. Republika.co.id. https://republika.co.id/berita/q7kphb385/isra-miraj-Nabi-Muhammad-Saw %0Amenurut-syekh-Al-palimbani
Hafsah, H., Afwan, Z., Wilyansyah, Wulandari, D., Azmi, F., Aziz, S., Suwarti, & Syahrul. (2024). Peningkatan Pemahaman Keagamaan dalam Kegiatan Pendampingan Memahami Adab Melalui Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad S.A.W. AL-MADANI: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1).
Hasani, R. (2023). Memahami Isra’ Mi’raj melalui Konsep Time Travel Stephen Hawking. Universitas Islam Ngeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.
Khalafullah, M. A. (2002). Al-Qur’an Bukan Kitab Sejarah: Seni, Sastra dan Moralitas Dalam Kisah-Kisah Al-Qur’an (Z. Misrawi & A. Maftukhin (penerj.)). Paramadina.
Machsun, T. (2016). Pendidikan Adab, Kunci Sukses Pendidikan Toha Machsun. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(2).
Maknun, L. (2021). Membaca Kisah Isra’ Mi’raj dengan Hermeneutika Paul Ricoeur. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan Dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan). Pendidikan Islam, 6(11).
Zakaria, A. (2019). Studi Analisis Peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Menurut Al- Qur’an dan Hadits. Jurnal Al Tadabbur, 4.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ambacang: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.




















