Program Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di MIS Unggulan Rohmatul Ummah
Keywords:
Program, Kemampuan, MicroteachingAbstract
Tujuan utama dari pelaksanaan PPL ini adalah memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa tentang bagaimana mengajar di hadapan peserta didik yang sesungguhnya. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk menghadapi berbagai tantangan dan masalah yang muncul di lapangan, sebuah proses yang dapat mempercepat pendewasaan diri mereka sebagai calon pendidik. Setiap masalah yang dihadapi di sekolah menjadi pelajaran penting, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terus berkembang dan meningkatkan kemampuan mengajar mereka untuk masa depan. Di sisi lain, keberadaan mahasiswa di MIS Unggulan Rohmatul Ummah diharapkan dapat memberikan kontribusi positif, membantu pihak sekolah dalam melaksanakan pembelajaran dengan program-program yang telah disiapkan oleh mahasiswa.
References
B., N. A., Syamsudduha, S., & U., M. S. (2019). Alasan Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Belum Menguasai Keterampilan Dasar Mengajar. Jurnal Idaarah, 3(1).
Faridah, Arismunandar, & Basri, S. (2018). Praktik Pengalaman Lapangan Program Studi Administrasi Pendidikan, Sebuah Refleksi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 15(2).
Fathurrahman, & Farih, A. (2018). Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Islam Lamongan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2).
Fitria, N., & Fidesrinur. (2017). Praktik Pengalaman Lapangan. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(1).
Sari, E., Hartini, S., Ritonga, M. K., & Harahap, T. (2024). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan menjadi Guru Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi/Akuntansi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 10(2).
Septiani, D. H., & Widiyanto. (2021). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Lingkungan Keluarga, dan Kesejahteraan terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 10(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ambacang: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.




















