Implementasi Pembelajaran Tematik Kendaraan di RA Ya Bunayya untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini

Authors

  • Mukhlis STAIN Mandailing Natal Author
  • Riska Afifah STAIN Mandailing Natal Author
  • Rabiatul Adawiyah STAIN Mandailing Natal Author
  • Yuni Sahara STAIN Mandailing Natal Author
  • Sari Wulan STAIN Mandailing Natal Author
  • Khoirunnisa STAIN Mandailing Natal Author

Keywords:

Pembelajaran, Tematik, Kendaraan, Kreativitas, Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam membangun dasar perkembangan kognitif, sosial, dan motorik anak. Salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan kreativitas anak adalah pembelajaran tematik, yang menghubungkan konsep pembelajaran dengan tema tertentu secara kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran tematik dengan tema kendaraan dalam meningkatkan kreativitas anak di RA Ya Bunayya, yang dilakukan oleh mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) STAIN Madina. Metode yang diterapkan meliputi observasi awal, pelaksanaan program pembelajaran interaktif seperti membuat miniatur kendaraan, bermain peran, serta evaluasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik kendaraan mampu meningkatkan keterampilan motorik, daya imajinasi, kemampuan sosial, serta antusiasme belajar anak. Faktor pendukung keberhasilan pembelajaran ini adalah metode yang berbasis pengalaman langsung serta peran aktif mahasiswa dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Namun, masih terdapat kendala seperti keterbatasan media pembelajaran dan perbedaan kemampuan anak dalam memahami materi. Dengan demikian, pembelajaran tematik kendaraan dapat menjadi alternatif metode dalam meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar anak usia dini.

References

Andi. (2015). Menyusun Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu.

Hurlock, E. B. (2003). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Santrock, J. W. (2014). Child Development. New York: McGraw-Hill.

Suryadi. (2013). Kedisipilan Anak Usia Dini. Falah Production.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Gava Media.

Wulandari, D. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belahjar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Berbasis Online Siswa Kelas IV Di SDN Larangan 11. UIN Syarif Hidayatullah.

Downloads

Published

2025-03-17