Evaluasi Sistem Manajemen Persediaan di Kilang Padi ARN dalam Konteks Rebranding
Keywords:
Manajemen Persediaan, Strategi Rebranding, Pengendalian ResikoAbstract
Manajemen persediaan adalah elemen penting dalam rantai pasokan suatu usaha ataupun dalam suatu perusahaan, terutama bagi Kilang Padi ARN. Efisiensi dalam manajemen persediaan menjadi krusial untuk menghindari biaya penyimpanan yang tinggi dan kekurangan persediaan yang dapat menghambat operasional. Fokus utama pengabdian ini adalah pada aspek risiko dan pengendalian yang ada dalam sistem persediaan, serta dampaknya terhadap kinerja operasional dan citra merek Kilang Padi ARN dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis kebijakan, prosedur, serta tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dalam mengelola persediaan bahan baku dan produk akhir. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa meskipun sistem yang ada telah cukup efektif, terdapat beberapa celah dalam pengendalian risiko yang dapat mengganggu keberlanjutan operasional, khususnya dalam periode rebranding. Pengabdian ini menyarankan perbaikan pada mekanisme pengawasan dan penerapan teknologi yang lebih baik untuk meminimalkan risiko serta meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan persediaan di masa depan.
References
Ariano, M. (2017). Pengaruh Rebranding dan Repositioning terhadap Brand Equity Smartphone Microsoft Lumia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1452–1461.
Arsyadona. (2025). Analisis Risiko: Langkah Strategis untuk Mencegah Kerugian dan Meningkatkan Profitabilitas Suatu Perusahaan. (Studi Kasus: Perkembangan Pariwisata di Kota Medan). Jurnal Sains Student Research, 3(1), 264–277.
Juriah, Jamil, M., & Rozalina. (2024). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Padi dengan Metode Economic Order Quantity (Eoq) Pada UD. Kilang Padi Gadeng Jaya di Alue Gadeng Gampong Kecamatan Birem Bayeun. Jurnal Pertanian, Peternakan, Perikanan, 1(2). https://doi.org/10.3766/hibrida.v1i2.2963
Mayasari, I., Wijanarko, A., Risza, H., Kurniaty, D., Apriyana, N., Wiadi, I., & Chadijah. (2020). Konsep dan Studi Merek Lokal (S. Sauri, Ed.). Universitas Paramadina.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ambacang: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.




















