Pelatihan Tajwid Alquran melalui Program Maghrib Mengaji di Desa Pintu Padang Jae

Authors

  • Sri Wahyuni STAIN Mandailing Natal Author
  • Lenni Khairani STAIN Mandailing Natal Author
  • Ahmad Sulaiman STAIN Mandailing Natal Author
  • Hendra Kurniawan STAIN Mandailing Natal Author
  • Mursyidan Auliya Nasution STAIN Mandailing Natal Author
  • Zenni Khairani Putri STAIN Mandailing Natal Author
  • Riska Suaibah STAIN Mandailing Natal Author
  • Ainul Padilah STAIN Mandailing Natal Author
  • Khoirun Nisa STAIN Mandailing Natal Author

Keywords:

Tajwid, Magrib Mengaji, Kemampuan Membaca, Alquran

Abstract

Pelatihan tajwid melalui program Magrib Mengaji merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang bertujuan meningkatkan kemampuan membaca Alquran anak-anak di Desa Pintu Padang Jae. Permasalahan utama yang ditemui di lapangan adalah rendahnya kemampuan anak-anak dalam membaca Alquran sesuai kaidah tajwid, khususnya dalam membedakan hukum bacaan seperti izhar, ikhfa’, idgham, iqlab, dan qalqalah. Selain itu, keterbatasan tenaga pengajar dan kurangnya variasi metode pembelajaran menjadi hambatan dalam proses peningkatan literasi Alquran. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Jami’ Al-Mukhlisin setiap malam Senin hingga malam Sabtu dengan menggunakan metode pendidikan dan pelatihan. Anak-anak diperkenalkan pada dasar-dasar ilmu tajwid, kemudian diberi kesempatan membaca secara bergiliran untuk dikoreksi langsung oleh mahasiswa KKN. Hasil pre-test menunjukkan bahwa sebagian besar anak berada pada kategori kurang (75%), sementara hasil post-test memperlihatkan peningkatan signifikan dengan 78% anak mencapai kategori baik dan 22% berada pada kategori cukup. Temuan ini membuktikan bahwa program Magrib Mengaji efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca Alquran sesuai tajwid. Simpulan dari kegiatan ini menegaskan pentingnya pelatihan tajwid sejak dini sebagai upaya menjaga kemurnian bacaan Alquran dan membentuk generasi Qur’ani yang disiplin, fasih, serta memiliki kecintaan terhadap kitab suci.

References

Arifin, A. (2019). Efektivtas Model Pembelajaran Kooperatif STAD Menggunakan Alat Peraga Alquran Untuk Meningkatkan Penguasaan Tajwid. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2).

Assya’bani, R. (2022). Pembelajaran Tajwid Dan Tahsin Alquran Dengan Metode Qiraa’ati Di Rumah Belajar Mahasiswa KKN Desa Hambuku Hulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1()1.

Faizah, M. et.al. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Santri TPQ AL Mustaqim Dengan Bimbingan Fashohatul Lisan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Keagamaan, 1(1).

Hamdani, M. (2017). Penerapan Metode Membaca Alquran Pada TPA Di Kecamatan Amuntai Utara, 11(4).

Khalilurrahman. (2019). Belajar Cepat Ilmu Tajwid. Wahyu Qolbu.

Khalisah, S. (2023). Pelatihan Membaca Alquran Sesuai Dengan Makhrijul Huruf Dan Tajwid Pada Majlis Taklim Di Desa Jayasakti Muara Gembong. Jurnal An-Nizam 2(2).

Khasanah, U. (2024). Tajwid Pedoman Membaca Alquran Disertai Latihan. Guepedia.

Lestari, Sri. (2020). Belajar Abata Cara Praktis Belajar Membaca Alquran. CV Adanu Abimata.

Maula, R. (2019). Panduan Praktis Dan Lengkap Tahsin, Tajwid, Untuk Pemula. Laksana.

Muslim, F., et.al. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Dengan Pelatihan. Publikasi Kegiatan Adimas.

Purnomo, Eko. (2020). Optimasilasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Google Classroom. Jurnal Piwulang, 2(2).

Rois. (2017). Pelajaran Ilmu Tajwid. PT Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2025-09-20