Melestarikan Permainan Tradisional sebagai Kearifan Lokal di Kalangan Anak-anak Desa Padang Sanggar

Authors

  • Risky Saputra STAIN Mandailing Natal Author
  • Bayu Purnomo STAIN Mandailing Natal Author
  • Ismail Nasution STAIN Mandailing Natal Author
  • Nur Asiah Nasution STAIN Mandailing Natal Author
  • Nur Aidah STAIN Mandailing Natal Author
  • Syafrida Hannum STAIN Mandailing Natal Author
  • Syahra Kartika STAIN Mandailing Natal Author
  • Hesti Mayasari STAIN Mandailing Natal Author
  • Helma Rosalina STAIN Mandailing Natal Author

Keywords:

Permainan Tradisional, Kearifan Lokal, Anak-anak

Abstract

Permainan tradisional merupakan warisan budaya yang sarat dengan nilai edukatif, moral, dan sosial yang perlu dilestarikan di tengah arus globalisasi serta dominasi permainan modern berbasis teknologi. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Padang Sanggar dengan melibatkan anak-anak usia 7–12 tahun. Tujuannya adalah untuk mengenalkan kembali permainan tradisional sebagai bentuk kearifan lokal sekaligus sarana pengembangan karakter. Metode pelaksanaan mencakup identifikasi masalah, sosialisasi, praktik permainan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak-anak terlibat secara aktif, mendapatkan stimulus perkembangan fisik, kognitif, dan sosial-emosional, serta menikmati suasana ceria yang tercipta selama kegiatan. Selain itu, program ini mampu mengurangi ketergantungan anak terhadap gawai dan mendorong tumbuhnya keharmonisan dalam masyarakat melalui interaksi lintas generasi. Dengan demikian, pelestarian permainan tradisional tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, tetapi juga sebagai strategi pendidikan karakter, penguatan identitas budaya, serta wadah membangun kebersamaan dalam masyarakat.

References

Cahyono, T. (2012). Permainan Tradisional anak-anak sebagai objek dalam karya seni grafis. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Identifikasi Permainan dan Olahraga Tradisional Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3).

Hapidin, H., & Yenina, Y. (2016). Pengembangan model permainan tradisional dalam membangun karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201–212. https://doi.org/10.21009/JPUD.102.01

Kadir, S. S., Haryanto, A. I., Ramadan, G., Fatoha, I., Samin, G., Gani, A. A. (2021). Peran Permainan Tradisional untuk Melestarikan Kearifan Lokal. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 10(3). https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i3.11412

Mulyana, Y., & Lengkana, A. S. (2019). Permainan tradisional. Salam Insan Mulia.

Pujianti, Y., Nadar, W., Wijaya, P. K. (2023). Melestarikan Permainan Tradisional sebagai Kearifan Lokal dalam Menstimulasi Perkembangan Anak Usia Dini di SPS Tunas Mulia Bantar Gebang. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 3(2). https://doi.org/10.37640/japd.v3i2.1850

Saputra, D. G., Mukhti, M. S., Arham, M., Nurhalisyah, S., Andini, N. (2024). Melestarikan Permainan Tradisional sebagai Kearifan Lokal. Mammiri: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3).

Setiawan, W., & Santoso, D. A. (2019). Tingkat Keterampilan Gerak Dasar dengan Permainan Tradisional Bali. Jurnal Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 8(2).

Downloads

Published

2025-09-21

Issue

Section

Articles