Penguatan Moderasi Beragama melalui Edukasi dan Kegiatan Mewarnai di MDA Darul Hikmah Desa Hutabaringin
Keywords:
Moderasi, Beragama, Pendidikan KarakterAbstract
Moderasi beragama merupakan aspek krusial dalam membentuk karakter anak sejak dini untuk mencegah perilaku intoleran. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman moderasi beragama melalui kegiatan edukatif dan kreatif, khususnya mewarnai, di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Darul Hikmah, Desa Hutabaringin, Kecamatan Puncak Sorik Marapi. Program ini menargetkan 60 siswa setara kelas 4–6 SD, dibimbing oleh tiga guru, dengan fokus pada empat pilar moderasi: komitmen kebangsaan, toleransi, antikekerasan, dan apresiasi budaya lokal. Pengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan partisipatif, menggabungkan konseling, diskusi interaktif, dan kegiatan mewarnai langsung bertema kerukunan. Kegiatan dilakukan secara bertahap, meliputi penyampaian materi, kegiatan visual praktis, dan evaluasi melalui observasi dan refleksi oleh guru dan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memahami konsep dasar moderasi beragama, menerapkannya dalam interaksi sosial, menunjukkan peningkatan kepercayaan diri dalam berpendapat, dan mengembangkan sikap toleran. Guru dan orang tua memberikan tanggapan positif terhadap metode kreatif ini. Kesimpulannya, program ini secara efektif menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui pendekatan edukatif dan kreatif. Secara praktis, mewarnai terbukti menjadi strategi inovatif untuk pendidikan karakter di tingkat dasar, sementara secara sosial, kegiatan ini meningkatkan kesadaran akan toleransi dan kerukunan di antara siswa dan masyarakat.
References
Arikarani, Y., dkk. (2024). Konsep pendidikan Islam dalam penguatan moderasi beragama. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 71-88.
Dewi, S., Zamroni, M. A., & Leksono, A. A. (2024). Penanaman Sikap Moderasi Beragama Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran PAI. Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(1), 1-15.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.
Khusaini, A. A., & Inayati, U. (2022). Manajemen implementasi moderasi beragama dalam Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PAI di SD. Journal of Islamic Education Studies, 7(2), 186-199.
Lessy, Z., dkk. (2022). Implementasi moderasi beragama di lingkungan sekolah dasar. Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 3(2), 137–148.
Pratiwi Handayani & Wirman, A. (2022). Pengembangan nilai agama dan moral anak usia 5-6. Jurnal Pendidikan AURA, 3(2), 91-102.
Sihombing, A., & Hanum, A. (2024). Nilai-Nilai Moderasi Beragama (Analisis pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka Jenjang Sekolah Dasar). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4). 1970-15980.
Umar, M., Ismail, F., & Syawie, N. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 19(1), 101-111.
Wahab, G., & Kahar, M. I. (2023). Implementasi metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3357–3367.
Wijayanto, W., Putri, A. E., & Yustantifa, A. (2025). Analisis Kegiatan Seni Rupa di Sekolah Dasar Terhadap Kreativitas Anak melalui Menggambar dan Mewarnai. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 9(1), 125-135.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ambacang: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.




















